12 Maret 2013
-Assaamu’alaika-
Kala itu Nabi bersama AisyahDatang seorang Yahudi menyapaAssaamu’alaika
Bukan Assalaamu’alaikaNamun Assaamu’alaika
Kecelakaan atasmu Muhammad!
Nabi membalasDengan sebaik-baik perkataanWa’alaikaSama-sama
'Aisyah yang sedari tadi geramSang suami tercinta dihinaMembalasAssaamu’alaika wa la’nahKecelakaan atasmu dan laknat
Nabi tak bangga atas ucapanYang dilontarkan AisyahNabi katakanRifqan Yaa AisyahLembutlah wahai AisyahSesungguhnya doa merekaTak akan dikabulkanSedang doa kitaYang akan dikabulkanDan ingatlahTidaklah ada kelembutanDalam setiap perkaraMelainkan ia membawa kebaikan
Nabi ajarkan perkataan terbaik..Tak hanya sekedar baik..Namun yang terbaik..
Perkataan yang keluar atas kesadaran.Yang didasari kasih sayang.Kelembutan.
Ya Allah..Jadikanlah lisan kami lisan yang mencintai kemuliaan..Yang tak sukai kehinaan,Aamiin

12 Maret 2013

-Assaamu’alaika-

Kala itu Nabi bersama Aisyah
Datang seorang Yahudi menyapa
Assaamu’alaika

Bukan Assalaamu’alaika
Namun Assaamu’alaika

Kecelakaan atasmu Muhammad!

Nabi membalas
Dengan sebaik-baik perkataan
Wa’alaika
Sama-sama

'Aisyah yang sedari tadi geram
Sang suami tercinta dihina
Membalas
Assaamu’alaika wa la’nah
Kecelakaan atasmu dan laknat

Nabi tak bangga atas ucapan
Yang dilontarkan Aisyah
Nabi katakan
Rifqan Yaa Aisyah
Lembutlah wahai Aisyah
Sesungguhnya doa mereka
Tak akan dikabulkan
Sedang doa kita
Yang akan dikabulkan
Dan ingatlah
Tidaklah ada kelembutan
Dalam setiap perkara
Melainkan ia membawa kebaikan

Nabi ajarkan perkataan terbaik..
Tak hanya sekedar baik..
Namun yang terbaik..

Perkataan yang keluar atas kesadaran.
Yang didasari kasih sayang.
Kelembutan.

Ya Allah..
Jadikanlah lisan kami lisan yang mencintai kemuliaan..
Yang tak sukai kehinaan,
Aamiin

11 Maret 2013
-Dalilnya Ada Kok-
A: Ternyata ada ya dalil slametan 7 hari, 40 hari, dst.H: Alhamdulillah, ternyata amalan yang sering kulakukan ada dalilnya… Apa aja Zam?A: ini disebutkan “termasyhurlah selamatan yang diadakan di hari pertama, ktujuh, empat puluh, seratus dan seribu” di kitab manawa dharma sastra weda smertiH: lho zam? gak salah kitab tuh?A: enggak, bener kok, di kitab agama hindu, lah yang mbok amalin selama ini ternyata ajaran agama hindu lho…H: …….. Wah keskakmat deh. Penasaran deh zam.A: ehehehe…. Makanya ngaji :D
Yuk ngaji yuk :DBiar gak ngamalin ajaran agama lain :)

11 Maret 2013

-Dalilnya Ada Kok-

A: Ternyata ada ya dalil slametan 7 hari, 40 hari, dst.
H: Alhamdulillah, ternyata amalan yang sering kulakukan ada dalilnya… Apa aja Zam?
A: ini disebutkan “termasyhurlah selamatan yang diadakan di hari pertama, ktujuh, empat puluh, seratus dan seribu” di kitab manawa dharma sastra weda smerti
H: lho zam? gak salah kitab tuh?
A: enggak, bener kok, di kitab agama hindu, lah yang mbok amalin selama ini ternyata ajaran agama hindu lho…
H: …….. Wah keskakmat deh. Penasaran deh zam.
A: ehehehe…. Makanya ngaji :D

Yuk ngaji yuk :D
Biar gak ngamalin ajaran agama lain :)

Abdullaah Ibn ‘Umar said:

“A person cannot attain a true sense of taqwa unless and until he removes all suspicions from his heart.” (i.e. gives up shirk, evil deeds, doubtful things, and starts doing righteous deeds regularly.)

[See Fath al-Bari, Vol. 1, p. 54] (via path-to-the-salaf)

10 Maret 2013

-Salah Paham-

"Hri ini terakhir unduh krtu pesertaa snmptn! Jare twitter e nimed jare bom"

Menyeletuklah Ted, “lho.. Kalau besok aku download kartu peserta komputerku meledak dong?”

Azzam bertanya, “lah kok bisa?”

T: “lho kan katanya Bom”
A: “bukan… Maksudnya bukan Bom itu, Bom itu nama panggilannya Nanda”
T: “Oooh… Bukan bom yang meledak itu?”
A: “bukan lah….”

Oke dialog ini nyata meski dengan pelaku berbeda. Dan dialog setelah ini fiktif,

A: “makanya itu bro…”
T: “kenapa?”
A: “Ini masih omongan orang biasa lho..”
T: “maksudnya?”
A: “belum omongan Nabi, belum omongan Allah..

Kita yang jauh dari jaman Nabi hidup, tentu gak bisa sakenak kita menafsirkan kata2 Nabi dan firman2 Allah kan.

Nah kira-kira siapa ya yang paling paham tentang firman Allah dan sabda Nabi?”

T: “guduk aku”

A: “Para sahabat lah paling paham! kan mereka hidup bersama Nabi”

T: “terus?”

A: “lah kowe Islam melu sopo?”

9 Maret 2013

-Frontal 2-

Azzam mendatangi sekumpulan anak paskib.

A: “kalian anak apa?”
X: “Paskib mas”

Hanya satu yang menjawab, yang lainnya mengabaikan.

A: “kalian anak apa?”
Y: “sebentar ya mas, kita tutup forum dulu.”

Azzam sedikit gusar. Seusai ditutup..

A: “kalian anak apa?”
Semua: “paskib mas”
A: “oh, cinta Indonesia to?”
X: “iya lah mas”
A: “pingin merjuangno Indonesia?”
Y: “iya mas”

A: “gombal. Paskib hipokrit kon kon iku.

kon ngomong cinta indonesia, cinta pancasila, tapi endi pengamalan sila ke sijimu?

Terlebih. Kowe arek paskib, engkok akeh dadi orang2 terdepan nang sekolahku iki. Lah lek uwong2 terdepane koyok kon kon ngene, opo dadine sekolahku engkok pas wis tak tinggal? Isine wong seneng2 tok? Ckck..

Opomaneh angkatan sing wani nyeneni mbaringene ilang, malah dadi opo gak onok sing ngilingno?

Njauk tulung yo dek… Ojok diulangi maneh… Gawe slametmu dewe…Yo?”

Semua: “iya mas, maaf..”

5 Maret 2013

-Frontal-

Kali ini Azzam masih SMA, dia sekolah di salah satu SMA terbaik se-Indonesia, di Surabaya,

Pukul 17.45, diadakan shalat berjama’ah di masjid sekolah.

Seusai shalat, dia bersama kawannya, Dewa, di tengah jalan, dia bertemu segerombolan siswa ekskul pengibar bendera yang belum shalat.

A: “Dewa, kamu tunggu sini dulu.”
D: “kenapa?”

Azzam tak menjawab. Didengarnya dari jauh kata-kata yang menusuk dari Azzam.

D: “wah Azzam kenapa nih”

Azzam pun kembali, meninggalkan siswa-siswa itu yang langsung menuju masjid untuk shalat,

A: “Butuh dinasihati”
D: “Gak keras gitu kali Zam”
A: “Sesekali, gak tiap waktu, masa’ harus implisit terus? Gak efektif.

Nasihat itu banyak cara, bisa keras, bisa halus, dilihat maslahatnya, dihitung mafsadatnya… Meski dominan halus.

Apalagi mereka anak paskib, aku kerasin juga dengan cara mereka kok.”
D: “Emang gimana caranya?”

*Tunggu lanjutannya besok*

Rekaman Kajian

Meraih Surga Tertinggi dengan Akhlaq Mulia
Ustadz Mizan Qudsiah Lc.
Masjid Al Ukhuwah, Bendul Merisi, Surabaya
6 April 2013

Bagian 1

http://www.4shared.com/mp3/59hv3u6z/Meraih_Surga_Tertinggi_dengan_.html

Bagian 2

http://www.4shared.com/mp3/6rVpE-OZ/Meraih_Surga_Tertinggi_dengan_.html

Meraih Surga Tertinggi dengan Akhlaq Mulia

image

Ustadz Mizan Qudsiah

Akhlaq itu sangat terkait dengan aqidah
Jika aqidahnya dikatakan baik tapi akhlaqnya buruk
Maka ada yang bermasalah dengan aqidahnya…

Pentingnya meminta ilmu yang bermanfaat,
Dan dijauhkan dari ilmu yang bermanfaat,
Ilmu jangan saja hanya pengetahuan,
Namun kosong dari ikhlas dan ittiba’,
Oleh karenanya,
Nabi berdo’a Allahumma zidny
‘Ilman naafi’a
Rizqan thayyiba
‘Amalan shooliha
Dan ini adalah pilar kebahagiaan,

Apa itu ilmu?
Ilmu adalah yang dibangun di atas perkataan Allah, Nabi, dan para sahabat
Bermanfaat?
Yakni yang datang dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam

Rasulullah membaca doa itu setelah shalat subuh,
Pembuka hari Rasulullah adalah meminta 3 pilar kebahagiaan,
Sangat indah bukan jika kita membuka hari dengan itu?

Selain meminta ilmu tang bermanfaat,
Rasulullah pula berdoa meminta perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat,
Contohnya adalah ilmu sihir, ilmu yang mendatangkan mudharat,

Ilmu dunia,
Semacam pedang,
Ia bermata dua,
Jika dibawa pada ketaatan, maka terpujilah dia,
Jika dibawa pada keburukan, tercelalah,

Ilmu agama,
Asalnya benar dan terpuji,
Namun tetap butuh keikhlasan,
Tampa keikhlasan,
Mampu jebloskan orang menuju neraka,

Pertama kali.

Rasulullah juga berlindung dari jiwa yang tak pernah puas,
Tak pernah puas dari kenikmatan dunia,
Seandainya penikmat dunia diberi satu gunung emas,
Niscaya minta diberi satu lagi gunung emas,
Dan tak akan pernah puas sampai tanah yang mengisi perutnya.

Rasulullah berlindung pula dari doa yang tidak pernah dikabulkan,
Doa yang tak pernah dikabulkan banyak sebab,

Ilmu lah pembuka dari kemuliaan akhlaq.
Apa itu akhkaq?

Akhlaq secara bahasa berarti perangai dan tabiat,
Akhlaq, hakikatnya adalah apa yang terdapat di dalam batinnya yang nampak di luarnya,
Akhlaq secara istilah adalah tata cara pergaulan manusia dengan Allah dan manusia lainya,
Para ulama pun membagi,
Ada akhlaq kepada Allah,
Ada akhlaq kepada Rasulullah,
Ada akhlaq kepada manusia,

Akhlaq ada yang thobi’iy,
Yang Allah letakkan pada setiap manusia,
Misalkan, digoda sedikit marah,
Misalnya, digoda bagaimanapun diam saja,
Dan hal ini tidak bisa dipelajari.

Ada akhlaq yang bisa dipelajari,
Dari kebiasaan, dari latihan,
Sehingga akan menjadi tabiatnya dan keseharian.

Kemuliaan akhlaq terhadap Allah,
Bagaimana maksudnya?
Berserah diri kepadaNya
Bersabar di jalanNya
Ridho terhadap keputusanNya
Dan paling asas
Mentauhidkan Allah ta’ala
Dan tidak syirik

Kemulian akhlaq pada Rasulullah,
Mengikuti ajarannya,
Bershalawat kepadanya,
Tidak mengunggulkan suara orang lain di atas suara Nabi,
Mengunggulkan suara ini membuat amalan bisa terhapus.

Kemuliaan akhlaq pada manusia,

Definis akhlaq mulia yang paling bagus terdiri dari 3 unsur,
Berbuat segala kebaikan,
Tidak menyakiti orang lain,
Sabar jika disakiti orang lain.

Kemuliaan akhlaq adalah yang paling berat dalam timbangan al mizan,
Dan barangsiapa yang timbangan kebaikannya berat,
Fa huwa fii…
‘Iisyatirraadhiyah..
Oleh karenanya selama 13 tahun di mekkah,
Nabi hanya mendakwahkan tauhiid dan akhlaq,
Bagaimana bersikap sesama muslim,
Dan kepada non muslim,
Dan bahkan tujuan diutusnya Nabi adalah untuk menyempurnakan kemuliaan akhlaq.

Selain dalam timbangan yang terberat,
Akhlaq yang mulia pula tali ikatan iman yang paling agung,
Tingkatan iman yang paling tinggi, setelah laa ilaaha illalaah.

Akhlaq yang mulia pula membuat pemiliknya paling dicintai oleh Nabi,
Dan paling dekat dengan tempat duduk nabi di hari kiamat,
Imam at-tirmidzi meriwayatkan,
Rasulullah bersabda,
Orang yang aku paling cintai di antara kalian
Dan yang paling depat tempat duduknya denganku di hari kiamat kelak,
Orang yang akhlaqnya paling baik di antara kalian.

Akhlaq yang mulia akan menjadikan orang muslim manusia yang terbaik,
Rasulullah bersabda,
Orang yang paling baik di antara kalian yang paling baik akhlaqnya.

Akhlaq yang mulia adalah amal kebaikan yang paling besar yang mendekatkan kita kepada allah,
Dan pemberian yang paling besar daru Allah ta’aala,
Dalilnya,
Tidak ada yang lebih berat di timbangan seorang mukmin selain akhlaq yang mulia,

Akhlaq yang mulia mengantarkan seseorang muslim ke derajat orang yang berpuasa dan shalat malam,
Rasulullah bersabda,
Sesungguhnya mukmin dengan akhlaqnya yang mulia dia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat malam.
Riwayat abu dawud, shahih.

Akhlaq yang mulia lebih baik dari dunia dan seisinya,
Rasulullah bersabda,
Ada empat perkara jika ada pada dirimu,
Jangan pedulikan dunia yang tidak bisa kamu kejar,
Pertama, menjaga amanah,
Kedua, berkata jujur,
Ketiga, berakhlaq yang baik,
Keempat, memakan makanan yang halal,
Karena ini lebih baik dari dunia dan seisinya.
Riwayat Ahmad dan shahih al-Albani.

Akhlaq yang mulia akan mengumpulkan segala kebaikan dan keberkahan,
Diriwayatkan Imam Muslim,
Rasulullah bersabda,
Al-birru husnul-khuluuq
Seluruh kebaikan adalah akhlaq yang mulia.

Akhlaq yang mulia dialah wasiat Rasulullah kepada seluruh kaum muslimin,
Rasulullah bersabda ketika mengutus Mu’adz bin Jabal ke Yaman,
Nabi mewasiatkan untuk bergaul dengan manusia dengan akhlaq yang baik.
Shahih riwayat tirmidzi.

Akhkaq yang mulia berkedudukan tinggi dalam islam,
Mengapa? Karena Allah perintahkan Rasulullah,
Dan Allah puji Rasulullah karena akhlaq itu.
Firman alkah dalam surat al-qalam,
Wa innaka la’alaa khuluqin ‘azhiim.
Sabda Nabi pula,
Innamaa bu’itstu liutammima makaarimal-akhlaaq.

Islam menyebar di bumi inik lebih banyak dengan akhlaq daripada pedang.
Indonesia, banyak wilayah juga.

Akhlaq yang mulia adalah sebab terbesar untuk memikat orang ke dalam Islam,
Memikat orang mendapatkan hidayah,
Memikat orang untuk istiqomah di dalam islam.
Rasulullah dalam berdakwah pun berakhlaq mulia,
Pernah seorang sahabat di saat masih kafir,
Diberikan 300 unta,
Sangat mulia akhlaq Nabi, dermawan.
Contoh lain,
Seorang badui yang kencing di masjid,
Para sahabat mengusir,
Nabi mengatakan untuk membiarkan,
Dan menasihatinya dengan lembut,

Akhlaq yang mulia adalah cita-cita setiap muslim dan setiap da’i yang mukhlish,
Nabi meminta pada Allah agar ditunjuki pada akhlaq yang mulia,
Dan Allah kabulkan, sampailah akhlaq nabi termulia dari semua akhlaq.
Dan nabi meminta pada Allah perlindungan dari akhlaq yang buruk.

Akhlaq yang mulia adalah sebab paling besar menyelamatkan orang dari api neraka dan memasukkan orang pada surga Allah yang tinggi,
Selamat dari api neraka, masuk pada surga,
Tujuan setiap muslim setelah keridhoan Allah.

Akhlaq yang mulia menjadikan pemiliknya dijamin Allah di surga tertinggi,
Riwayat imam abu dawud.
Rasulullah bersabda,
Aku menjamin bagi seseorang mendapatkan rumah di surga yang paling rendah bagi yang meninggalkan perdebatan meskipun dia benar,
Surga yang berada di tengah-tengah bagi orang yang tidak dusta meskipun bercanda,
Dan rumah di surga yang paling atas bagi orang yang akhlaqnya baik.

Akhlaq yang mulia adalah sebab yang memasukkan manusia dari api neraka,
Rasulullah bersabda,
Maukah kalian aku beritahu orang yang haram masuk neraka?
Setiap orang yang dekat dengan orang banyak.
Rasulullah menjelaskan,
Orang beriman mudah dijinakkan dan mudah menjinakkan.
Rasulullah mengatakan,
Orang yang beriman orang yang ditarik ke suatu tempat dia ikut ke tempat itu.

Akhlaq yang mulia paling banyak memasukkan orang ke surga,
Rasulullah ditanya tentang amal yang paling banyak memasukkan orang ke surga,
Rasulullah menjawab dua hal, bertaqwa kepada Allah dan berakhlaq yang baik.
Shahih riwayat tirmidzi.

Akhlaq yang mulia menjadikan pemiliknya umat nabi muhammad yang terbaik,
Rasulullah bersabda,
Orang yang paling baik di antara kalian yang paling baik pada istrinya, dan aku yang paling baik pada istriku.
Shahih riwayat tirmidzi.

Bagaimana cara-cara untuk menggapai akhlaq yang mulia?
Secara umum ada dua,
Latih diri dengan akhlaq yang mulia,
Tenggelam dalam lingkungan yang baik,

Awalnya berat, itu pasti,
Rasulullah bersabda,
Siapa yang mencari kebaikan akan Allah berikan.
Siapa yang menghindari keburukan akan Allah jauhkan.

Tenggelam dalam lingkungan yang baik,
Akan mempengaruhi diri seseorang menjadi lebih baik.
Orang arab mengatakan,
Pilih tetangga sebelum beli rumah,
Pilih kawan sebelum berjalan
Rasulullah bersabda,
Seseorang tergantung pada agama kawannya.

3 Maret 2013

image

-Finalisasi-

Azzam kala itu sedang berada di kamar kos, terlentang, capai akan aktivitasnya seharian..

Sambil pikirnya terkenang akan rumahnya di Surabaya, teringat ketika ia mendaftar SNMPTN..

Didampingi sang ibu, Azzam mengklik HI UGM sebagai pilihan pertamanya, sang ibu merestui…

Detik-detik itu dirasakan Azzam sebagai momen romantis yang melebihi kisah romeo dan juliet, so far away…

Direstui orang tua, terlebih ibu sangat menyejukkan hati kita dan memantapkan kita dalam melangkah,

Terlebih Rasulullah bersabda bahwa ridho Allah ada di ridho orang tua, benar-benar membuat berani melangkahkan kaki…

Memijak tangga menuju dunia baru yang semakin lepas dari belai ibu, pengawasan ayah…

Semakin mendekati kemandirian finansial…

Tentu, tahu atau kita tak tahu,
Ibu di belakang tetap ingin kita dibelainya,
Meski ibu terlihat tegar ketika mengizinkan,

Maka,
Tetap ingat ibu ya…
She’s the best..

26 Februari 2013

image

-Ojo lali yo rek-

Rek, aku yakin ki sampeyan-sampeyan podo sinau kabeh. Yang kelas XII belajar buat uprak besok, yang kelas XI ama X membolak-balik halaman buku, dengan tujuan yang sama: agar mendapat ilmu yang bermanfaat.

Don’t worry be happy rek, sinau kuwi enak tenan, dihayati wae ngelaksanaken iku..
Ojo lali siji hal penting rek, menopo iku?

Ikhlas.
Ojo sampai niat kene melakukan hal mulia ya sinau kuwi, tapi niate kene cek mek sekedar oleh nilai apik, emaan. Wis sinau nggetu susah-susah, eh balesannya hanya sekedar nilai bagus waktu ulangan, terus selesai. Bayangno rek, awakmu dua jam nggetu nang ngarep buku atau modul, ngerjakno soal, sampai ngantuk-ngantuk ngliyer-ngliyer tapi ora pahala kebaikan ndek akhirat, rugi.

Ikhlaskan untuk Allah rek, agar kita meraih ridhoNya, surgaNya, Kalaupun ada niat keduniaan jangan lupa niat keduniaan itu dilandasi niat meraih ridhoNya,

Selamat belajar :D